Selebrasi Kegiatan Ramadan SMPN 1 Pangandaran

Posted by Operator Disdik | 2024-04-02 08:01:13 | 38 kali dibaca

Image

by Operator Disdik 2024-04-02 08:01:13 38

SMP Negeri 1 Pangandaran pada Selasa, 2 April 2024, mengadakan Selebrasi Kegiatan Ramadan sebagai wujud implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini berlangsung di Aula Supan Sastrawijaya diikuti oleh seluruh siswa, guru, tenaga kependidikan serta beberapa tamu undangan yakni Komite Sekolah, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pangandaran, Pengawas Pembina SMP, dan perwakilan dari yayasan pembina masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kegiatan selebrasi ini dipandu oleh Ibu Andini Nurwahyuni dan Bapak Hafid Hardoyo selaku guru SMPN 1 Pangandaran. Diawali dengan ucapan basmalah secara bersama-sama yang menandakan pembukaan kegiatan. Selanjutnya pembacaan ayat suci Al Qur'an dilantunkan oleh Fariz Hidayatulloh siswa kelas VII, penerjemah ayat suci dibacakan oleh Iqbal Wahyu Nur Akbar kelas VII, dan shalawat dipimpin oleh Muhammad Hafidz Al Furqon kelas VIII.

 

Inti dari selebrasi ini ada tiga kegiatan yaitu Wisuda Tahfidz Qur'an, Wakaf Qur'an, dan SMPN 1 Pangandaran Berbagi. Wisuda tahfidz Qur'an diikuti oleh tujuh orang siswa yang sudah hafal juz 30 yang terdiri dari enam orang siswa kelas IX dan satu orang siswa kelas VII. Di depan ratusan peserta kegiatan yang hadir, mereka secara bergiliran harus menerima tantangan dengan dites terlebih dahulu untuk melanjutkan ayat dari salah satu surah yang dibacakan oleh guru. Setelah semuanya dapat melewati tantangan dengan lancar, kemudian dilanjutkan pengalungan medali kepada para hafidz/ah oleh beberapa guru dan tamu undangan sebagai bentuk penghargaan untuk mereka. Selanjutnya penyematan mahkota oleh para hafidz/ah kepada orang tua mereka yang diwakili oleh wali kelasnya masing-masing. Suasana berlangsung begitu haru. Beberapa guru dan siswa terlihat menitikkan air mata. Kemudian para hafidz/ah masing-masing diberi sertifikat yang menandai telah hafal juz 30. Mereka juga diberi hadiah berupa mini parcel dari sekolah yang dibagikan oleh wali kelasnya masing-masing. Tidak ketinggalan yayasan pembina masjid Salman ITB juga memberikan hadiah sebuah Al Quran bagi para hafidz/ah. Penghargaan bagi siswa yang menekuni ekstrakurikuler Tahfidz Qur'an ini begitu istimewa. Raut bahagia terpancar dari wajah-wajah yang bersinar karena menjaga ayat-ayat Allah. Pada kesempatan ini, yayasan pembina masjid Salman ITB memberikan wakaf Qur'an sebanyak lebih dari 50 eksemplar untuk SMPN 1 Pangandaran, karena melihat potensi banyaknya hafidz/ah untuk ukuran sekolah umum negeri di Pangandaran.

 

Usai wisuda tahfidz Qur'an, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala SMPN 1 Pangandaran, Bapak Endang Suherman, S.Ag., M.Pd. Dalam sambutannya Bapak Endang menyampaikan bahwa kebahagiaan ditandai oleh berbagai hal, yakni bahagia karena diberikan nikmat iman dan Islam, bahagia karena bisa berkumpul di tempat ini waktu Ramadan dengan berbagai kegiatan positif, dan hari ini merupakan hari terakhir melakukan pembelajaran di sekolah.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Kasi Kurikulum dan Kesiswaan SMP Disdikpora Kabupaten Pangandaran, Bapak Ipan Jenab Barus, S.Pd. Bapak Ipan menyampaikan ucapan terimaksih karena sekolah sudah mengikuti intruksi dari Disdikpora untuk melaksanakan kegiatan keagamaan selama bulan Ramadan. Kegiatan tersebut meliputi salat Duha dan halaqoh setiap pagi selama 60 menit, belajar materi keagamaan pada 2 jam terakhir sebelum pulang sekolah, serta mengikuti materi keagamaan secara daring melalui tayangan youtube dengan nama OASE (Obrolan Asyik Sore-sorE) yang dinisiasi oleh MGMP PAI se-Kabupaten Pangandaran.

 

Sambutan terakhir disampaikan oleh perwakilan komite sekolah yakni Bapak Agus Mulyana, ST atau biasa disapa Agus Savana. Bapak Agus mengapresiasi semua kegiatan yang dilakukan di sekolah dan merasa bangga dengan kegiatan selama bulan Ramadan, dan itu berharap akan tetap dilakukan pada Ramadan yang akan datang.

Kegiatan terakhir adalah SMPN 1 Pangandaran berbagi. Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun di bulan Ramadan merupakan bentuk kepedulian warga sekolah terhadap siswa yang termasuk kategori anak yatim, anak piatu, dan siswa dari keluarga kurang mampu terutama broken home. Bantuan ini merupakan hasil infaq dari siswa, guru, komite, orang tua siswa, serta alumni sekolah. Infaq yang terkumpul sebesar Rp24.763.200. Dari infaq tersebut disalurkan kepada 180 siswa penerima bantuan dalam bentuk paket bingkisan. Satu paket bingkisan terdiri dari beras 3 kg, sarden kaleng 425 gr, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, mie rebus 5 pcs, dan susu kemasan pouch 545 gr. SMPN 1 Pangandaran berbagi ini sudah mejadi tradisi tahunan di bulan suci untuk memupuk rasa peduli terhadap sesama.

 

Pangandaran, 2 April 2024